Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Penulisan Artikel Yang Baik Dan Berkualitas


Penulisan Artikel Yang Baik Dan Berkualitas
     Untuk kesempatan ini saya akan menjelaskan cara membuat artikel yang baik dan berkualitas. Blogger adalah orang yang membuat karya tulis berupa artikel di blog sesuai dengan kreativitasnya. Melalui tulisan seorang blogger menyampaikan ide, pemikiran dan pendapat tentang pengalaman orang lain, untuk memberi manfaat bagi pembaca. Blogger harus menguasai teknik menulis artikel yang baik. Sebelum membahas cara membuat artikel yang baik dan berkualitas, sebaiknya memahami apa itu artikel ? pahamilah baik-baik pengertian artikel berikut ini.


Artikel adalah karangan pendek, berkisar antara 300 sampai 1.000 kata, yang membahas tema tertentu yang ditunjukan untuk menyampaikan pikiran terhadap suatu realitas, baik berupa fakta, konsep atau pendapat.

     Setelah memahami apa itu artikel? Akan muncul pertanyaan, Bagaimana cara menulis artikel ?
Pada dasarnya menulis artikel itu sama, hanya saja ada hal yang harus diperhatikan yaitu jenis artikel yang ingin anda tulis. Jika anda belum mengetahui jenis artikel yang ditulis maka akan sulit untuk menarik minat karena artikel anda belum jelas bentuknya.
     Baiklah, saya akan menjelaskan cara membuat jenis artikel. Hal yang paling penting dalam menulis artikel yaitu menentukan tema, tema yang dibuat harus spesifik supaya semakin menarik minat baca. Berikutnya, menentukan tujuan penulisan. Kebanyakan artikel jenis diskripsi dan narasi, tidak menyatakan penulisan secara tersurat melainkan tersirat. Kemudian merumuskan  masalah. Biasanya rumusan masalahnya dalam bentuk pertanyaan tapi lain halnya dengan penulisan artikel deskripsi dan narasi, rumusan masalahnya tidak tersurat melainkan tersembunyi dibalik alur tulisan. Kembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan jenis artikel. Terakhir membuat kesimpulan, kesimpulan bisa mengikuti alur artikel yang anda buat. Cara penulisan bentuk atau jenis artikel.
Pertama, artikel deskripsi.
     Karangan deskripsi adalah karangan yang menggambarkan keadaan, bentuk, atau suasana tertentu, seperti benda, orang, tempat sesuai dengan objek yang sebenarnya. Cara penulisannya :
1.Menentukan  topik atau tema karangan.
2.Menentukan tujuan.
3.Mengadakan pengamatan.
4. Mengumpulkan bahan.
5.Membuat kerangka karangan.
6. Mengembangkan kerangka

Kedua, artikel narasi
Karangan narasi adalah karangan yang berusaha menciptakan, mengisahkan, merangkaikan tindak-tanduk perbuatan manusia dalam sebuah peristiwa secara kronologis. Cara penulisannya:
1.      Membuat tema
2.      Menentukan tokoh
3.      Mengutarakan gaya cerita yang baik
4.      Menggunkan gaya bahasa yang pas
Ketiga, artikel argumentasi
Karangan argumentasi adalah karangan yang berisi pendapat mengenai suatu hal yang disertai alasan-alasan yang logis dan sistematis serta penyajian bukti-bukti dengan tujuan mempengaruhi pembaca untuk meyakini atau menyetujui pendapat tersebut. Cara penulisannyaa:
1.      Tentukan masalah/tema
2.      Menentukan tujuan
3.      Menentukan rumusan masalah
4.      Mengembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan pendapat
5.      kesimpulan
Keempat, artikel eksposisi
Karangan eksposisi adalah karangan yang berisi pemaparan terhadap suatu konsep, gagasan, ide, dengan tujuan menguraikan, mengupas, menerangkan sesuatu yang akan menambah pengetahuan pembaca. Dalam karangan ini, sesuatu diuraikan secara terperinci terkadang dengan penambahan bentuk visual seperti grafik, bagan, atau denah. Cara penulisannya:
1.      Menentukan topik
2.      Menentukan tujuan
3.      Rumuskan ide pokok
4.      Mengembangkan tulisan sesuai tujuan. Bila karangan busa ditujukan untuk menjelaskan pengertian, maka sebaiknya kembangkanlah karangan dengan menyajikan data dan fakta yang lebih baik untuk menguatkan definisi atau proses. Bila anda mau menjelaskan kegunaannya, alangkah baik membuat tahapan-tahapan dari awal sampai akhir secara sistematis namun mudah di mengerti. Jika ingin menjelaskan kegunaan, buatlah kegunaannya.
5.      Kesimpulan

Kelima, artikel persuasi
Artikel jenis ini terkenal juga dengan artikel motivasi. Penulisannya bersifat membujuk, akibatnya dapat menggerakan pemabaca untuk mengikuti sesuatu dan sebaliknya. Cara penulisannya:
1.      Menentukan tema
2.      Menentukan tujuan
3.      Menentukan rumusan ide pokok
4.      Mengembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk meyakinkan orang lain sehingga dapat menggerkan pembaca untuk mengerjakan kebaikan dan menjauhi keburukan.
5.      Kesimpulan
Nah, setelah anda mengetahui beberapa jenis artikel dan langkahnya. Saya akan berbagi cara membuat arttikel yang baik dan berkualitas. Artikel yang baika dalah artikel yang bagus dari berbagai segi baik bagi pembaca maupun dari segi penulisannya, bukan sekedar tulisan yang mempesona pembacanya tetapi  memberikan manfaat yang nyata. Artikel yang bermanfaat adalah artikel yang dapat mencapai tujuan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan artikel sebagai berikut:
1.      Panjang tulisan
Tulislah sepanjang Anda memerlukannya, tulislah semua yang ingin disampaikan, buanglah kata-kata yang tidak perlu. Buatlah tulisan yang sederhana, namun bisa menyampaikan isi dengan baik. Artikel yang bagus itu berjumlah kisaran 300 kata sampai 1000 kata. 
2.      Tata bahasa dan ejaan
Belajarlah menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik, seperti Saya yang masih belajar. Menulis sangat berpatokan dengan tata bahasa dan ejaan yang baku, sesuai dengan  penggunaan tata bahasa dan ejaan yang luwes, namun tetap memperhatikan kaidah bahasa yang membuat tulisan enak untuk dinikmati. Tanda baca juga perlu dalam penulisan artikel.
3.      Ringan dibaca
Penggunaan tata bahasa, ungkapan, istilah, perumpamaan, atau ejaan yang tidak tepat dan berlebihan akan cepat membuat pengunjung blog berhenti membaca sesaat. Menjaga tulisan agar ringan dan mudah dipahami itu sangat penting. Cara untuk mengatasinya dengan membagi artikel yang panjang menjadi beberapa sub judul, menggunakan ilustrasi gambar dan  format teks untuk memperjelas isi, gunakan kalimat yang tidak terlalu panjang .
4.      Topik
Topik adalah sesuatu yang penting dalam sebuah tulisann. Tulislah tentang yang anda sukai dan nayaman dengan topik tersebut.
5.      Gaya bahasa
Menulis dengan gaya penulisan yang dimengerti oleh orang lain yang paling penting. Pemahaman orang berbeda-beda dalam memahami tulisan disitulah manfaatnya.
6.      Intonasi
Seperti halnya bahasa verbal, bahasa tulisan pun memiliki intonasi, tergantung tujuan penulisnya. Ada nada positif, ada nada memerintah, menyindir, damai, bersahabat dan lain sebagainya. Sesuaikan intonasi dengan tujuan penulisan.
7.      Kutipan
Mengutip pendapat orang lain adalah hal yang bagus, tapi jangan sampai membuat kita menunda membuat postingan hanya karena belum menemukan tulisan orang lain untuk dikutip.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis artikel yang baik dan berkualitas. Mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda saat menulis artikel.

Posting Komentar