Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link
Kami bantu mempermudah pinjaman Anda, mau pinjam dimana?
Aku Laku Kredit Pintar Indodana Uang Cepat Kredivo APPLE Dana Pintar Pinjamanqu

Materi Teks Eksplanasi Kelas XI Terlengkap


Materi Teks Eksplanasi Kelas XI Terlengkap

Hello guys terimakasih sudah mengunjungi Artikel ini. Kalian pasti bingung kan mengenai teks Eksplanasi ? Nah, perlu Anda ketahui teks Eksplanasi itu yang berkaitan dengan fenomena alam, sosial, budaya yang menjelaskan bagaimana dan mengapa kejadian itu bisa terjadi (sebab dan akibat)

Untuk lebih memahaminya simak yuk penjelasan tentang pengertian teks Eksplanasi, ciri teks Eksplanasi, struktur teks Eksplanasi, kaidah kebahasaan teks Eksplanasi dan contohnya.

Pengertian Teks Eksplanasi
Seperti yang telah di jelaskan di awal, jika tidak Eksplanasi yaitu teks yang berisi proses mengapa dan bagaimana mengenai fenomena alam, sosial, budaya dan yang lainnya yang berkaitan dengan unsur sebab dan akibat.

Peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar kita tidak hanya amannya saja tetapi sebagai pembelajaran, mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Teks Eksplanasi juga memiliki tujuan seperti teks yang lainnya yaitu menjelaskan tentang fenomena yang terjadi dan sebab akibatnya.

Ciri teks Eksplanasi
Setiap teks pasti memiliki ciri yang khusus sama halnya teks Eksplanasi yang memiliki ciri yang khusus diantaranya:
1. Dalam teks Eksplanasi terdapat struktur yang terdiri pernyataan umuum, deretan penjelas, dan interpretasi
2. Informasi yang dimuat sesuai fakta keilmuan atau ilmiah
3. Bersifat informatif dan tak berusaha untuk mempengaruhi pembaca

Struktur Teks Eksplanasi
Dalam sebuah teks pastinya ada struktur yang harus dipenuhi, supaya isi teksnya menjadi padu dan berurutan sesuai dengan ketentuannya. Teks Eksplanasi memiliki 3 struktur yang membangun supaya menjadi satu kesatuan yang utuh.

1. Pernyataan umum yaitu topik yang mau di jelaskan berkaitan proses peristiwa nya
2. Deretan Penjelas yaitu detailnya penjelasan proses terjadinya peristiwa, nah ini berisi unsur sebab-akibat.
3. Interpretasi yaitu kesimpulan mengenai topik yang telah dijelaskan.

Kaidah kebahasaan teks Eksplanasi
Kaidah merupakan aturan yang harus di penuhi dalam suatu teks, biasanya berkaitan dengan gaya bahasa, isi, kalimat maupun kata. Berikut ini ciri kaidah kebahasaanjya
1. Fokus pada hal umum contoh gempa, longsor, banjir, kebakaran hutan
2. Menggunakan istilah ilmiah
3. Menggunakan verba material (berkaitan dengan tindakan fisik) dan berbagai relasional (kata kerja aktif).
4. Menggunakan konjungsi waktu dan kausal.
5. Menggunakan kalimat pasif
6. Menerangkan sesuatu yang kausal benar adanya.

Contoh teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Pernyataan umum

Banjir merupakan bencana yang sering terjadi di Indonesia. Salah satunya di kota Jakarta yang sering sekali terjadi banjir ketika musim hujan telah tiba. Peristiwa ini dampaknya sangat luar biasa menganggu aktivitas masyarakat, dan kerugian yang bersifat materil diantaranya kerusakan jalan, jembatan dan bangunan.

Deretan penjelas (Sebab-akibat)

Bencana banjir terjadi di Jakarta tak hanya karena faktor alam saja tapi juga faktor masyarakat yang tidak membuang sampah pada tempatnya, seperti di aliran sungai di trotoar hal ini menyebabkan saluran air sungai tersumbat karena tumpukan sampah sehingga air sungai meluap tak bisa menampung derasnya air hujan yang tak henti-hentinya.

Interpretasi

Dampak yang ditimbulkan bermacam-macam seperti barang berharga hilang, fasilitas umum rusak, air bersih langka dan timbul penyakit. Banjir merupakan bencana tak bisa dihindari, tetapi bisa di cegah dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan melakukan tanam pohon didsetiap rumah warga sehingga dapat menyerap air hujan

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Pernyataan Umum
Media sosial merupakan sarana yah digunakan orang untuk berkomunikasi melalui internet. Kerena pemakaiannya sangat mudah banyak orang yang memanfaatkan kecanggihan media sosial. Bisa mengirim pesan dengan mudah maupun membagikan berita kepada orang lain.

Deretan penjelas
Perkembangan teknologi yang pesat dijadikan faktor utama penyebab dari penggunaan media sosial. Sehingga media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok untuk anak kecil maupun dewasa. Di Indonesia salah satu pengguna internet terbanyak di dunia. Semakin canggihnya teknologi semakin maraknya penyalahgunaan informasi untuk melakukan tindakan kriminal seperti penyebaran berita hoax, penipuan, bahkan sampai penculikan dan prostitusi online.

Interpretasi
Jadi pemakaian media sosial harus lebih bijak lagi, supaya tidak terjadi penyalahgunaan sehingga tak mencelakakan orang lain atau diri sendiri maupun merugikan orang lain. Pada dasarnya media sosial merupakan wadah untuk mencurahkan keluh kesah bukan untuk digunakan sebagai tindak kejahatan.



Posting Komentar