Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link
Kami bantu mempermudah pinjaman Anda, mau pinjam dimana?
Aku Laku Kredit Pintar Indodana Uang Cepat Kredivo APPLE Dana Pintar Pinjamanqu

Langkah-Langkah Menulis Biografi Yang Baik

Langkah-Langkah Menulis Biografi Yang Baik- Biografi merupakan tulisan yang di buat tentang perjalanan atau kisah hidup seseorang. Menuliskan biografi merupakan cara untuk mengembangkan pencitraan diri. Seperti yang sedang terjadi akhir-akhir ini. Banyaknya politisi maupun pejabat yang sudah melakukan pencitraan dengan memberikan kisah hidupnya melalui sebuah buku biografi. Sehingga sekarang keahlian menulis biografi dapat di golongkan sebagai suatu profesi.

Menulis Biografi seseorang menjadi sarana yang cukup efektif dalam penyebaran pengetahuan tentang seseorang, membangun personal brand dan pencitraan diri. Terkadang pesan yang dapat diangkat dan ingin di sampaikan biasanya gagal menyentuh audiens. Sudah terbukti dengan banyaknya buku biografi yang hanya menjadi pajangan semata, baik di perpustakaan ataupun toko-toko buku terkenal karena banyak nya biografi yang tidak terjual. Karena hanya sedikit orang saja yang mau membacanya, apalagi membelinya. Karena tokoh yang di tulis kurang menarik atau karena isinya yang sangat monoton. Jika ingin menulis kan biografi sebaiKnya harus memperhatikan beberapa hal di antaranya :




  • Tentukan siapa yang akan kamu tulis biografinya .(sebaiknya tulis lah biografi orang yang sudah di kenal banyak orang)
  • Bagaimana kamu menuturkan kisah di dalam biografi tersebut .(agar menarik minat pembacanya hal ini harus sangat di perhatikan)


Karena menuliskan Biografi sangat berbeda dengan menulis cerpen dan novel. Biasanya seseorang yang akan menulis biografi, setidaknya harus memiliki pengetahuan tentang tokoh yang akan di tulis biografinya, secara selintas maupun secara mendalam. Karena dalam menuliskan biografi ada beberapan tahap yang harus di lakukan sebelum kamu memulai penulisan biografi. Apa sajakan langkah-langkah untuk menuliskan bigorafi seseorang :




Langkah-langkah menulis Biografi Yang Baik:
  • Kumpulkanlah pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang tokoh yang akan kamu tulis biografinya. Cara terbaik dalam menuliskan biografi seseorang adalah bertemu langsung dan mewawancarai tokoh,keluarga ataupun orang-orang yang mengenalnya dengan sangat baik. Jika halnya sang tokoh sudah meninggal, maka disarankan hubungilah saudara, kerabat atau orang yang mengenal si tokoh dengan baik. 
  • Kumpulkanlah data-data dan informasi yang sangat akurat dan legal sebagai pendukung penulisan biografi. Baik itu dalam bentuk tulisan di media yang mengulas tentang sang tokoh atau dalam bentuk foto, video, dll. Sehingga kamu dapat mengetahui apa pendapat orang lain tentang sang tokoh dari pandangan yang berbeda.
  • Sebaiknya sebelum menulis biografi mintalah pendapat dari tokoh yang sedang kamu tulis biografinya tentang segala hal yang boleh atau tidak di tulis tentang dirinya. Hal ini untuk mengatisipasi tuntutan hukum di kemudian hari, Jika tokoh yang anda tulis biografinya merasa anda melakukan pencemaran nama baik di dalam biografinya.
  • Tulis lah dengan data-data dan informasi yang sudah tersedia secara matang. Jika membutuhkan informasi lainnya sebaiknya hubungi lagi beberapa narasumber agar tidak terjadi kesalahan dan mendapat informasi yang cukup akurat.
  • Jika anda menulis biografi seseorang dan belum mengenal nya maka gunakan lah referensi dari internet dengan sumber yang dapat di percaya.
  • Setelah penulisan biografi selesai, maka mintalah tokoh yang anda tulis biografinya untuk membaca draft naskah sebelum anda publikasikan ke publik, mintalah agar sang tokoh menyetujui biografi yang anda buat dengan kalimat yang anda tuliskan di sana. 
  • Agar kemudian hari tidak ada kesalahan dan tuntutan hukum yang menimpa sang penulis. Jadikanlah tokoh biografi anda sebagai salah satu editor naskah biografi anda.

Baca juga : 
Demikian penjelasan dari Langkah-Langkah Menulis Biografi Yang Baik Semoga penulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat di gunakan sebagai referensi tugas atau lainnya. 
Penulis :Dewi Fatimah

Sekian dan terimakasih semoga karya ini menghibur pembacanya , jangan lupa follow dan jangan pernah bosen untuk selalu berkunjung untuk melihat karya terbaru lainnya hanya di kasastra .^_^

Posting Komentar