Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link
Kami bantu mempermudah pinjaman Anda, mau pinjam dimana?
Aku Laku Kredit Pintar Indodana Uang Cepat Kredivo APPLE Dana Pintar Pinjamanqu

Kata Baku dan Tidak Baku Lengkap Dengan Pengertian Beserta Contohnya


Beragam bahasa yang semakin berkembang di tengah masyarakat membuat Indonesia semakin kaya dengan bahasa. Setiap di wilayah Indonesia tentunya memiliki bahasa yang khas. Jika kita menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi rasanya sangat tidak memungkinkan apabila berbeda bahasa. Sangat tidak mudah untuk berkomunikasi.



Indonesia memiliki bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Tapi, masih banyak beberapa kata yang memiliki penulisan yang berbeda. Diantaranya di pengaruhi karena bahasa daerah dan asing sehingga menjadi suatu kebiasaan. Sampai tak sadar mana penulisan yang benar dan salah. Berdasarkan kamus KBBI ada istilahnya yaitu ambiguitas. Di sebut kata baku dan tidak baku.

Penggunaan kata baku sangat perlu dalam penulisan surat atau indentik dengan hal yang formal. Penggunaannya harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Nah, sebelum ke pembahasan mengenai istilah tersebut. Dalam KBBI ada beberapa kata yang sesuai dengan kaidah dan ketentuan disebut kata baku.

Kata baku dan tidak baku sering kita temukan di kehidupan sehari-hari. Sehingga di wajibkan lho kita mengetahui kata-kata yang sesuai dengan kaidah yang ada. Dengan membiasakan berbicara dengan bahasa yang benar bisa membantu kita saat menghadapi kejadian yang bersifat formal misal presentasi, wawancara dan lainya.

Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku

1. Penggunaan kata baku
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia banyak manfaat yang bisa Anda ambil untuk berbagai penulis ilmiah. Memahami kata baku sangatlah penting karena sebagai bahan dalam penulisan yang bersifat formal seperti sutat, karya ilmiah, laporan dan yang lainnya. Ketika berpidato dan presentasi wajib menggunakan kata yang baku. Jadi kesimpulannya Kata baku adalah kata yang digunakan sesuai dengan kaidah kebahasaan yang telah ditentukan berdasarkan dari bahasa bau yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

2. Penggunaan kata tidak baku
Kata tidak baku sering muncul dan sering kita temui. Padahal penggunaannya sudah salah, hal ini akan menjadi kebiasaan buruk. Sehingga tak bisa mengetahui perbedaan kata baku dan tidak baku. Salah satunya karena pengaruh bahasa asing atau dialek seseorang dalam ngucapkan kata yang salah. Selain itu pengaruh dari Bahasa daerah juga bisa tercipta bahasa yang tidak baku. Misalnya kata aktif, sering sekali orang mengucapkan aktif. Sehingga untuk orang yang kurang paham mengenai KBBI akan menjadikan kata baku menjadi tidak baku. Tanpa di sadari kebiasaan ini akan cepat tersebar dan sangat sulit untuk dihilangkan.Jadi, kata tidak baku yaitu kata yang digunakan tak sesuai dengan kaidah kebahasaan yang di tentukan atau tidak sesuai dengan KBBI. Seperti yang sudah dijelaskan jika kata tidak baku itu sering digunakan saat percakapan sehari-hari atau Bahasa tutur.

Contoh Kata Baku dan Tidak Baku


1 komentar

  1. drama thailand
    drama thailand sub indo
    drama thailand sub indo
    drama thailand romantis
    drama thailand terbaru
    drama thailand 2020
    drama thailand gmmtv
    drama thailand 2021
    game rpg
    game rpg offline
    game rpg android
    game rpg pc
    game rpg offline pc
    game rpg pc online
    game rpg android terbaik 2020
    game rpg adalah
    game rpg android offline
    game rpg offline terbaik 2020
    android game rpg
    game rpg android
    game rpg terbaik
    online game rpg
    game rpg offline android
    pc game rpg
    game rpg pc
    whatsapp
    teknologi
    tech
    cara
    tutorial
    informasi
    film
    movie
    smartphone
    handphone
    hp
    film animasi
    film animasi 2020
    film animasi disney
    daftar film animasi
    nonton film animasi terbaru
    nonton film animasi
    film animasi terbaru 2020
    google
    google from
    gmail
    google formulir
    youtube
    microsoft
    excel
    power point
    internet
    game detektif