Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Pentingnya Menuliskan Daftar Pustaka/Refrensi Beserta Contohnya

Daftar pustaka atau juga yang di sebut dengan refrensi merupakan hal yang wajib kamu tuliskan ketika mengambil sebuah data dan di tuliskan kembali untuk keperluan tugas ataupun skripsi, hal ini di wajibkan untuk menghormati sang pembuat terdahulu agar karyanya bisa di baca kembali di sumber yang kamu sertakan di dalamnya.

menulis refrensi
menulis refrensi

Apa itu referensi atau daftar pustaka ?

refrensi atau daftar pustaka adalah sebuah bagian yang merujuk ke sumber dari sebuah tulisan atau postingan blog untuk menghormati pembuat pertama, dalam sebuah penulisan pentingnya membuat refrensi atau daftar pustaka sangatlah penting hal ini merupakan cara untuk menghargai ide serta sumber dari informasi yang di gunakan di dalam seuah penulisan dokumen atau artikel lainnya. Sebenarnta tujuan menggunakan refrensi adalah membatasi plagiarisme sehingga jika penulis pertama menemukan karyanya di kutip tanpa di berikan sumber maka si penulis bisa menidaklanjutinya.

Menggunakan refrensi biasanya di gunakan untuk berbagai macam keperluan misalnya untuk penelitian atau penulisan, artinya refrensi merupakan sumber bahan informasi yang di gunakan sebagai acuan untuk menyelesaikan penulisan atau penelitian lainnya, biasanya orang pencari refrensi bisa menemukan refrensi yang di carinya dari buku perpustakaan ataupun dari media blog yang ada di internet.

Mencari refrensi di internet juga terkadang menjadi kendala tersendiri loh karena di sana banyak banget sumber yang tidak jelas dan sudah tercampur oleh opini si penulis artikel tersebut oleh karena itu jika kamu mencari refrensi dan males banget pergi keperpustakaan kamu bisa mengambil refrensi dari e-book agar data yang kamu peroleh lebih berbobot dari informasi yang di sediakan para pemilik blog yang menyajikan informasi serupa.

Selain itu dengan menggunakan refrensi atau daftar pustaka akan mengurangi tanggung jawab si penulis jika terjadi kesalahan jika data yang di kutipnya salah, kebanyakan pembaca akan mengarah pada refrensi yang di tujukan penulis, dengan adanya refrensi si penulis juga di permudah menyelesaikan penulisannya karena di bantu oleh data yang sudah ada sebelumnya jadi tinggal di kutip saja.

Data refrensi yang sudah ada sebelumnya menjadi data yang sangat bermanfaat sehingga memudahkan pembaca dan penulis menerima dan mengolah informasi terebut dengan mudah, data refrensi yang bagus biasanya di ambil dari buku perpustakaan atau e-book yang ada di internet jadi jangan asal comot sembarangan aja ya sob.

Contoh Refrensi:

contoh refrensi
contoh refrensi
Contoh Daftar Pustaka:

Kesimpulan Menulis Refrensi/Daftar Pustaka

Sebenarnya menulis refrensi atau daftar pustaka itu sama saja, menulis refrensi dengan baik dan benar perlu kamu perhatikan karena dengan menulis refrensi maka kamu menghargai karya penulis dalam memberikan ide sekaligus rasa terimakasi yang kamu ucapkan dalam bentu refrensi yang kamu tuliskan dalam penulisan atau artikel yang kamu buat.

Posting Komentar